Cara Mengobati Kurap / Kadas Pada Ayam Cepat Sembuh

Ayam terkena penyakit kadas atau biasa di sebut dengan korep untuk mengobatinya agar cepat sembuh bisa di lakukan dengan 2 cara yaitu herbal dan obat-obatan apotik, meskipun penyakit ini dianggap tidak menyebabkan kematian, namun untuk lebih baiknya pemilik ayam harus segera mengobatinya agar tidak timbul masalah lain seperti ayam menjadi kurus ataupun kadas menular ke ayam-ayam lain.

Ayam yang  terkena kurap/kadas pada umumnya di tandai dengan warna kulit pada area muka serta jengger yang berwarna putih, namun jika di biarkan berlama-lama penyakit ini bisa menjalar keseluruh tubuh dan biasanya ayam yang terkena kurap nafsu makannya akan menurun, bahkan untuk ayam aduan seperti bangkok, burma dll akan mengalami performa yang tidak fit ketika diadu.

Sama seperti halnya dengan manusia, kurap, korep, kadas yang terjadi pada ayam di sebabkan karena terinfeksi bakteri ataupun jamur yang menyerang kulit, hal ini biasanya di karenakan pemilik ayam kurang menjaga kebersihan ayam kesayangannya dan biasanya yang sering terserang penyakit kulit kadas ini adalah jenis ayam petarung dimana setelah diadu ayam tidak langsung di bersihkan atau tertular dengan menggunakan spon saat memandikan dan spon tersebut sudah terdapat bakteri, sehingga tidak lama kemudian ayam terkena penyakit kadas. Selain itu, kandang yang kurang terkena sinar matahari dan lembab juga berpotensi menjadikan ayam terkena penyakit kulit ini.

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, bahwa pengobatan bisa di lakukan dengan 2 cara yaitu herbal dan obat-obatan yang bisa di beli di apotik yaitu sebagai berikut ini:

Menggunakan Pengobatan Herbal
Biasanya pengobatan dengan herbal ini di lakukan untuk ayam yang terkena kadas ringan, meskipun sebenarnya di gunakan untuk ayam yang terkena kadas yang sudah berat juga bisa hanya saja sang pemilik harus rutin dalam mengobatinya.
Untuk mengobati ayam yang terkena kadas bisa menggunakan minyak goreng yang di campur dengan belerang, ataupun bisa juga menggunakan obat antiseptik seperti betadine atau menggunakan bawang putih yang di haluskan, bisa juga menggunakan minyak rem (DOT 3).
Pilih salah satu metode obat diatas, cara penggunaanya bersihkan dulu kurap ayam bisa menggunakan kain lap kemudian oleskan obat diatas secara rutin 2 hari sekali selama 1 minggu. Selama proses pengobatan, di sarankan ayam yang terkena kadas di beri makanan daging, bisa menggunakan cicak, kadal atau daging-dagingan lain.

Menggunakan Obat-Obatan Apotik
Obat apotik yang bisa anda gunakan untuk mengobati ayam yang terkena kadas adalah mizoral, penggunaannya di berikan 1 butir sehari selama seminggu. Biaanya dalam seminggu ayam sudah sembuh dari penyakit kadas.
Selain mizoral, anda juga bisa menggunakan obat lain seperti Nizoral, Formico, Ketosonasol.
Perlu di perhatikan bahwa penggunaan obat-obatan apotik ini memiliki efek samping bagi ayam aduan, yaitu menurunkan stamina ayam, jadi selama pengobatan sebaiknya ayam di istirahatkan dan setelah sembuh dari kadas untuk beberapa hari ayam di pulihkan staminanya terlebih dahulu sebelum di lagakan.

Ayam terkena penyakit kadas atau biasa di sebut dengan korep untuk mengobatinya agar cepat sembuh bisa di lakukan dengan 2 cara yaitu herbal dan obat-obatan apotik

Jika anda menggunakan obat-obatan luar herbal yang udah di terangkan diatas, untuk memudahkan sebaiknya bulu pada area yang terkena kurap di cabuti terlebih dahulu, hal ini di maksudkan agar semua jamur / bakteri bisa di berantas tuntas. Baca juga artikel lain tentang ayam yaitu tentang Cara Mengobati Bubul Ayam 100% Sembuh Total yang sudah di buktikan oleh banyak orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel