Membuat Ramuan Herbal Untuk Segala Penyakit Ayam

Cara membuat ramuan obat untuk segala jenis penyakit ayam secara herbal yang sudah terbukti ampuh ini sudah banyak di lakukan oleh para peternak, selain khasiatnya yang memang manjur ramuan tradisional yang dibuat sendiri ini tidak memiliki efek samping yang membahayakan bagi ternak kita.

Cara membuat ramuan obat untuk segala jenis penyakit ayam secara herbal yang sudah terbukti ampuh

Sebenarnya sudah dari dulu sejak dari nenek moyang kita sudah di kenal dengan yang namanya obat-obatan tradisional dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar kita, selain untuk kesehatan manusia, ramuan herbal juga bisa di gunakan untuk hewan salah satunya adalah jenis unggas. Saat ini banyak dari perguruan tinggi yang tertarik untuk melakukan penelitian tentang obat-obatan tradional untuk di aplikasikan pada ayam, dari data yang di hasilkan sungguh mengejutkan bahwa hasil yang di dapat ternyata melampaui ekpetasi yang dharapkan dan hal ini juga di perkuat dengan banyaknya para peternak khususnya peternak ayam yang sudah menerapkan sistem pengobatan herbal dengan bahan-baha sebagai berikut ini:

  1. Kunyit / Kunir: Curcumin senyawa yang ada pada kunyit ternyata berkhasiat untuk membasmi beragam penyakit misalnya adalah untuk mengobati gangguan pencernaan, membersihkan lemak pada pembulu darah, menurunkan kadar kolestrol, antikanker, antibakteri, anti radang.
  2. Daun Sirih : Sudah bukan rahasia lagi bahwa daun ini banyak mengandung Astiri Oil, satu diantara komponen adalah Kavakrol yang bersifat Desinfektan dan Anti Jamur sehingga sangat bagus sekali di gunakan untuk Anseptik pada saluran pencernaan.
  3. Brotowali : Rasa yang sangat pahit yang di hasilkan adalah karena kandungan senyawa Pikroretin yang banyak sekali mengandung alkaloid, saponin dan senyawa lainnya. Brotowali sangat ampuh untuk membasmi segala macam cacing yang merugikan ternak.
  4. Temu Lawak : Tanaman ini memiliki sifat Detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan kontaminasi jamur Alfatoksis Flavus yang mengendap di hati, belum lagi membantu sekresi dari kerja pangkreas, sehingga mampu mengoptimalkan metabolism pangkreas mengeluarkan Enzim Amilase, Lipase, Protease. Kehadiran enzim-enzim ini membantu meningkatkan penyerapan bahan pakan karbohidrat, protein dan lemak.
Dengan memadukan keempat bahan-bahan yang sudah disebutkan diatas, maka akan menghasilkan kualitas obat herbal yang sangat ampuh, dan untuk takaran penggunaan dari masing-masing bahan untuk sekitar 500 ekor ayam adalah sebagai berikut ini:
  • Kunyit : 2 Ons
  • Daun Sirih : 2 Ons
  • Brotowali : 2 Ons
  • Temu Lawak : 2 Ons
  • Air Bersih : 5 Liter
Cara Membuatnya adalah sebagai berikut ini:
Bahan-bahan yang sudah disiapkan dicucu bersih terlebih dahuu, setelah itu masukkasemua bahan-bahan (kunyit, daun sirih, brotowali, temu lawak) kedalam panci dan masak dengan 5 liter air bersih ampai mendidih. Setelah air mendidih ambil air rebusan tersebut untuk dicampur dengan air minum ayam. Untuk kapsitas ayam 500 ekor, ramuan herbal yang di buat hendaknya untuk di pakai elama 3 hari dengan pemberian hanya waktu pagi saja.

Ramuan ini sangat efektif untuk menyembuhakan ayam dari berbagai penyakit diantaranya adalah:
  1. BERAK DARAH / COCCIDIOSIS : dengan menggunakan terapi obat ini biasanya ayam akan sembuh dengan waktu 7 hari tanpa ada resiko kematian.
  2. MENGOBATI KOLERA / BERAK HIJAU
  3. MENGOBATI SNOT/PILEK/CORIZA
  4. MENGOBATI NGOROK /CRD
  5. MEMBASMI CACING ASCARIS
  6. MENGOBATI PENYAKIT CACAR / DIPTHERI
  7. MENGOBATI PENYAKIT TETELO
Sealain untuk mengobati, ramuan ini juga bisa dipakai untuk kekebalan tubuh ayam agar tidak sakit, meskipun di berikan pada ayam DOC / ayam yang masih kecil tidak akan menjadi masalah hanya saja dosisi / pemberian di sesuaikan. Baca juga Cara menyembuhkan Bubul Pada Kaki Ayam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel