Apa saja Manfaat Omega 3 Pada Ikan Untuk Kesehatan

Manfaat Omega 3 Pada Ikan Untuk Kesehatan sangatlah banyak yaitu selain untuk membantu meningkatkan daya ingat juga memiliki khasiat lain misalnya untuk menjaga fungsi jantung kita agar tetap sehat. kali ini https://carasehat-terbaru.blogspot.com akan mengulas agar kita semua menyadari bahwa pentingnya kandungan omega 3 untuk tubuh manusia.

Omega 3 adalah asam lemak esensial kandungan gizi yang terdapat di dalam ikan, sangat perlu diketahui bahwa lemak esensial ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Asam lemak esensial ini dapat kita peroleh dari mengkonsumsi makanan laut seperti Tuna, sarden, ikan salmon dan makanan laut lainnya seperti udang dan lobster. Sebetulnya selain dari makanan laut kita juga masih bisa mendapatkan makanan dengan kandungan omega 3 seperti memakan tanaman seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Terdapat Tiga jenis asam lemak omega-3 yang sangat penting dan sangat di butuhkan oleh tubuh yaitu EPA, DHA dan ALA.
  • DHA / docosahexaenoic acid adalah asam lemak omega-3 yang terkandung dalam beberapa jenis minyak ikan dan rumput laut.
  • EPA / eisocaspentaenoic acid adalah hampir sama dengan DHA yangbanyak di temukan pada ikan laut
  • ALA / alpha-linolenic acid adalah asam lemak Omega-3 yang terkandung di temukan pada kacang-kacangan, biji-bijian dan dagig berkualitas tinggi dari sapi yang di beri makan rumput.
Lalu Apa Saja Manfaat Omega-3 Pada Ikan?
  1. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak - kandungan zat gizi ini bisa membantu meningkatkan daya ingat atau fungsi kognitif otak, hl ini di karenakan kandungan HDL yang menngkat dan akan membantu meningkatkan dan melancarkan suplay darah ke otak dan keseluruh tubuh manusia. Sehingga akan menurunkan resiko terkena penyakit degenarasi fungsi otak seperti Alzheimer yang banyak terjadi di masa sekarang.
  2. Menjaga Kesehatan Jantung - Kandungan zat gizi Omega-3 yang terkandung pada ikan memang sangat terkenal manfatnya salah satunya untuk menjaga fungsi jantung. Hal ini di sebabkan meningkatnya kolestrol baik (High Density Lipoprotein atau HDL) yang di sebabkan oleh zt gizi omega 3. HDL akan menekan pembekuan darah pada pembulu darah dan akan menjaga ritme detak jantung, hal ini tentu saja jantung kamu akan bekerja lebih optimal.
  3. Membantu Proses Detoksifikasi - Omega 3 pada ikan akan membantu mengaktifkan sel dan mengontrol proses detoks yang di lakukan oleh asam empedu pada usus, liver dan ginjal. Selain itu Omega-3 juga berperan penting untuk pelindung aam empedu ketika terjadi hambatan aliran empedu ( kolestatik).
  4. Membantu Diet Penderita Kanker PAyudara - Menurut penelitan yang di lakukan oleh Khadge, pemberian diet omega 3 pada percobaan hewan selama 35 hari dapat menurunkan sel kanker. Hal ini juga di dukung oleh pernyataan Prof. Talmadge yang menyatakan bahwa kandungan omega 3 dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia.
Baca juga: Dampak negatif Mengkonsumsi Saus dan Sambal

Apa saja Manfaat Omega 3 Pada Ikan Untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari mengkonsumsi ikan yang akan menghasilkan omega-3 yang tidak bisa di produksi sendiri oleh tubuh manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel