Membedakan Perkutut Jantan Dan Betina Paling Akurat

Cara Membedakan Jenis Kelamin Perkutut Jantan dan Betina yang Akurat tentu tidak mudah di lakukan karena kalau di lihat hanya sekilas saja, perkutut jantan dan perkutut betina seolah-olah tidak ada bedanya, namun jika kita lebih jeli dan teliti tentunya perbedaan jenis kelamin dari perkutut lokal maupun bangkok akan sangat mudah di tebak dan kali ini Tips dan Info Kesehatan akan mengulas lengkap agar anda bisa mengetahuinya.

Banyak orang mengatakan bahwa saat ini burung perkutut sedang kembali naik daun dengan harga yang semakin mahal di bandingkan pada tahun-tahun sebelumnya, hal ini bisa di lihat dengan maraknya kontes perkutut yang diadakan di berbagai tempat dan banyaknya penjual yang menyetok perkutut lokal maupun bangkok untuk di jual. Namun menurut saya, dari tahun ketahun burung perkutut selalu memiliki penggemar abadi karena memang suara manggung yang di hasilkan sangat enak di dengar dan banyak orang mengatakan sebagai suaranya bisa di jadikan untuk klangenan seperti halnya burung trucukan.

Tentu saja bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia hewan khususnya burung perkutut, tentunya tidak sulit untuk membedakan kriteria burung jantan yang prospek dan bagus, karena memang biasanya burung perkutut yang di pelihara untuk di dengarkan manggungnya adalah yang berjenis kelamin pejantan. Hal ini bukan karena tidak ada sebab, karena perkutut jantan akan menghasilkan suara manggung yang lebih indah serta tidak monoton dan berikut ini ciri-ciri yang biasa di buat patokan untuk membedakan perkutut jantan dan betina.

Ciri-ciri Perkutut Jantan
- Raut nuka pada perkutut jantan jika di perhatikan akan terlihat lebih garang di bandingkan dengan perkutut betina.
- Sorot mata pada perkutut jantan terlihat lebih tajam dengan selaput kulit di sekitar mata yang lebih tebal.
- Matanya terlihat besar dan bulat serta nampak melotot.
- garis belahan yang terdapat pada paruh nampak sejajar dengan mata.
- Bulu yang berwarna putih keabu-abuan / pupur lebih banyak dari pada burung perkutut betina atau warna pupur pada perkutut jantan nampak di separuh bagian kepalanya sehingga kepala perkutut jantan akan tampak lebih cerah.
- Jika di lihat keseluruhan kepala, perkutut jantan terlihat lebih besar dan berbentuk gepeng / pipih.
- Di lihat dari postur tubuh, burung perkutut jantan akan tampak lebih besar di bandingkan dengan perkutut betina.
- Tukang pubis ( tulang supit udang) pada perkutut jantan terasa lebih keras dan lebih rapat.
- Jika sudah dewasa, perkutut jantan biasanya akan memberikan sinyal yang khas jika berdekatan dengan perkutut betina yaitu manggung serta mengangguk-anggukan kepalanya.

Ciri-ciri Perkutut Betina
Secara keseluruhan, ciri-ciri perkutut betina bisa di prediksi dengan kebalikan ciri-ciri perkutut jantan yang sudah kami simpulkan diatas yaitu:
- Raut muka pada perkutut betina terlihat sayu / terlihat cantik tidak garang.
- Selaput kulit yang terdapat pada sekitar mata lebih tipis.
- Bola mata pada perkutut betina lebih kecil dan nampak pandangan yang sayu.
- Garis belahan yang terdapat pada paruh nampak di bawah mata.
- Pupur / warna keabu-abuan tampak lebih sedikit sehingga warna kepala pada perkutut betina lebih gelap.
- Kepala perkutut betina terlihat lebih kecil dan berbentuk lebih bulat.
- Di lihat dari postur tubuh, perkutut betina nampak lebih kecil.
- Tulang supit udang / tulang pubis yang berada di dekat dubur jika di tekan menggunakan jari akan lebih lentur dan jaraknyapun lebih renggang di bandingkan dengan yang jantan.


Dengan memperhatikan ciri-ciri yang sudah di paparkan diatas, tentu saja anda bisa membeli perkutut jantan yang bagus. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel